Punguan Manik Raja akan Luruskan Tarombo

MEDAN – Punguan Manik Raja Dohot Boruna Se Indonesia akan menggelar seminar sosialisasi sekaligus meluruskan sejarah dan tarombo (silsilah) Ompu Manik Raja yang dihubungkan dengan sejarah dan tarombo Ompu Silau Raja, di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Anjungan Sumatera Utara, Jakarta, Sabtu (10/12/2016) mendatang.

Ketua Panitia, Rusman Manik mengatakan, seminar yang akan dihadiri ratusan turunan Manik Raja ini akan membahas permasalahan yang timbul keberadaan Tugu Manik Raja di Siigar-igar Rianiate, Samosir.

“Permasalahan yang timbul ada tiga unsur yang mencolok kenapa tugu itu belum bisa diterima. Pertama, golatnya (tanah leluhur) di Siigar-igar Rianiate tidak sesuai. Yang kedua, tulang dari Ompu Manik Raja bukanlah marga Simbolon. Dan hula-hulanya (keluarga laki-laki dari ibu), bukanlah marga Siboro,” kata Rusman Manik didampingi Ruben Manik, Kamis (8/12/2016).

Ia mengatakan, seminar nanti akan ada wacana yang membahas rencana pengembangan sumber daya masyarakat keturunan (SDM) Ompu Manik Raja agar terampil, berdaya guna dan mampu memberi kontribusi terhadap Punguan Manik Raja dan bangsa.

Sebagai kelanjutan seminar, katanya, diharapkan akan ada perhelatan besar yang dihadiri perwakilan, penetua-tua, luat-luat dan namaroppu untuk mencapai kesepatakan tentang cikal bakal Ompu Manik Raja. Berdasarkan keputusan tersebut, diharapkan akan dibangun pertanda yang mempunya nilai sejarah bagi generasi penerus.

“Jadi, dengan adanya seminar meluruskan sejarah dan tarombo Ompu Manik Raja, diharapkan menjadi dasar awal tentang asal muasal Ompu Manik Raja dan sebagai momentum untuk mempererat persatuan dan persaudaraan di antara keturunan Manik Raja kedepannya,” jelasnya. (tribunnews.com)

Berikan Komentar Anda
Total Views: 335 ,