Telah Hadir Tarombo Online Manik Raja Se Indonesia

MEDAN-Tarombo Batak adalah silsilah garis keturunan secara patrilineal dalam suku Batak. Sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat suku bangsa Batak untuk mengetahui silsilahnya agar mengetahui letak hubungan kekerabatan terkhusus dalam falsafah Dalihan Natolu.

Si Raja Batak berdiam di lereng Pusuk Buhit, Sianjur Mulamula, namanya. Sehingga wilayah/lereng Pusuk Buhit dapat dikatakan sebagai daerah asal-muasal suku bangsa Batak. yang kemudian menyebar ke berbagai pelosok, baik Indonesia maupun dunia.

Si Raja Batak mempunyai 2 (dua) orang putra, yaitu:

  1. Tatea Bulan
  2. Raja Isumbaon

Tatea Bulan mempunyai 5 (lima) orang putra, yaitu:

  1. Raja Biakbiak (Raja Uti)
  2. Saribu Raja
  3. Limbong Mulana
  4. Sagala Raja
  5. Silau Raja

Salah satu tugas atau keputusan dari Seminar Meluruskan Sejarah dan Tarombo Ompu Manik Raja yang telah dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2016 adalah untuk mengumpulkan, memperbaiki, dan menyempurnakan.

Didalam menyempurnakan silsilah ini tidak perlu untuk diperdebatkan, biarlah seperti air mengalir. Untuk itu, kami Pengurus Pusat Punguan Manik Raja Dohot Boruna Se Indonesia akan melaksanakan dan mengemban tugas yang telah diamanatkan kepada kami, salah satunya penyempurnaan silsilah terebut.

Dengan demikian, kami membuat Tarombo online sederhana, dan tarombo online ini mungkin masih memiliki banyak kekurangan.

Perlu kita ketahui, bahwa kita keturunan Ompu Manik Raja sudah merantau ke berbagai daerah, tapi kami pengurus yakin, bahwa kita keturunannya pasti ada yang memiliki silsilah dari masing-masing ompungnya, dengan adanya tarombo online ini, diharapkan dapat disatukan karena banyak tarombo yang kita miliki terputus.

Tarombo online ini dapat diakses melalui alamat www.tarombo.manikraja.or.id, bila ada kesalahan atau dikoreksi maupun silsilahnya mau dimasukkan ke Tarombo Online dapat diberitahukan melalui halaman komentar, tarombo online ini masih versi beta yang sifatnya untuk mengumpulkan data awal, bila ingin menambahkan tarombonya silahkan diisi pada halaman komentar FB, admin akan segera meng-update data tarombo tersebut atau dengan mengirimkan data tarombo ke surel info@manikraja.or.id.