Ini Dia Sejarah Singkat OP. Silauraja

MEDAN-Karena peristiwa antara Saribu Raja dengan Si Boru Pareme (perkawinan terlarang)  sehingga saudaranya (kedua adeknya) Limbong Maulana dan Sagala Raja marah dan ingin membunuhnya. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan Silau Raja memberitahukan rencana tersebut kepada Saribu Raja.

Saribu Raja, Siboru Pareme dan Silau Raja secara rahasia bertemu di Batu Marsanggul (situs), Huta Janji Martahan Harian Boho dan sekaligus tempat titik berpencarnya mereka bertiga.

tempat-persembunyian

Tempat bertemu secara Rahasia antara Saribu Raja, Si Boru Pareme dan Silau Raja dan sekaligus tempat bertiga berpencar yaitu:

  1. Saribu Raja ke arah Barus
  2. Si Boru Pareme ke Ulu Darat dan berketurunan Lontung Marsada
  3. Silau Raja ke Samosir

Dari Batu Marsanggul di Huta Janji Harian Boho Op Silau Raja meneruskan perjalanannya ke arah Samosir, menyeberang dari Harian Boho ke Rianiate Si Igar Igar Samosir, lalu melanjutkan perjalanan ke Sioma, Salaon Dolok sebagai tempat pemukimannya Silau Raja.

Silau Raja beristrikan Si Boru Baso Bolon atau Si Boru Bunga Riris  (belum mempunyai marga) dan mempunyai anak Malau, Manik, Ambarita dan Gurning.

Di Salaon Dolok terdapat situs Batu Saurmatua tempat Silau Raja menatap / melihat jauh ke Sianjur Mula-Mula atau Pusuk Buhit bilamana muncul kerinduan pada kampung orang tuanya.

Di samping situs Silauraja di Sioma Salaon Dolok

Di samping situs Silauraja di Sioma Salaon Dolok

Di samping situs Silauraja di Sioma Salaon Dolok ditemukan juga situs keturunannya seperti Situs Aek/Mual Malau Raja, Aek/Mual Manik Raja, Aek/Mual Ambarita Raja dan Aek/Mual Gurning.

Batu dan Baringin SILAURAJA di Malau, Pengkolan

Batu dan Baringin SILAURAJA di Malau, Pengkolan

Batu dan Baringin SILAURAJA di Malau

Batu dan Baringin SILAURAJA di Malau

Pembangunan Tugu Silauraja di belakang Batu dan Baringin

Pembangunan Tugu Silauraja di belakang Batu dan Baringin

Di Simanindo ditemukan juga situs silau Raja di pengkolan Huta Malau berupa situs Batu dan Baringin, tempat dimana Silau Raja bertemu dengan saudari kembarnya Nantinjo. Kearah pantai dari Batu tersebut sekitar 500 meter ditemukan juga tempat Paranggiran ni Nantinjo, dan sekitar 500 meter kearah atas Batu Baringin terdapat Bulu Turak tempat pertenunan Nantinjo.

Partonunan ni Namboru Nan Tinjo

Partonunan ni Namboru Nan Tinjo

Sehingga Dapat Disimpulkan

Karena sesuatu hal Op Silauraja meninggalkan tempat kelahirannya Sianjur mula-mula dan bertemu dengan Saribu Raja, Si Boru Pareme di Huta Janji Martahan, Kec Harian Boho (Situs Batu Marsanggul), dari tempat ini mereka bertiga berpisah.

Op Silauraja menyeberang ke Rianiate di si Igar-igar dan selanjutnya meneruskan perjalanan ke Sioma, Salaon Dolok sebagai tempat pemukiman/Huta Silau Raja di sioma Salaon Dolok.

Op.Silauraja adalah cucu bungsu dari Si Raja Batak (Generasi ke-3 tiga) dari Si Raja Batak dan beristri Op. Si Boru Bala Bulan/Si Boru Baso Bolon ada juga yang menyebutnya dengan Si Boru Bunga Riris).

Tidak benar Istri Op Silauraja boru Simbolon karena dalam buku Silsilah Batak Op Silau Raja adalah generasi ke tiga dan Simbolon baru ada pada generasi ke 6 atau 7 dari Siraja Batak.

Berikan Komentar Anda
Total Views: 2825 ,