Op. Silauraja Dan Keempat Keturunannya Bermukim Di Sioma Salaon Dolok

JAKARTA |Terimakasih kepada Forum Komunikasi Pelestarian Situs Silau Raja dan sekaligus yang bertanggung jawab tentang Sejarah Silau Raja.

Op. Silau Raja anak bungsu Op. Guru Tatea Bulan dan cucu Si Raja Batak atau generasi ketiga dari Si Raja Batak dengan istri (Op. Boru Silau Raja) belum bermarga saat itu. Bila ada yang menyatakan istri/Op boru Silau Raja dari generasi ke 6 atau 7 sangat tidak mungkin.

Adapun Op. Silau Raja mempunyai anak Op. Malau Raja, Op. Manik Raja, Op. Ambarita Raja dan Op. Gurning Raja adalah cucu dari Op. Guru Tatea Bulan atau generasi keempat4 dari Si Raja Batak. Dengan demikian istri Op. Si Manik Raja (Op. boru Si Manik Raja) belum bermarga.

Jadi kalau ada yang mengatakan Op. Si Manik Raja dari generasi keempat mempunyai istri/Op Boru Manik Raja dari generasi 12 atau 13 Si Raja Batak itu sangat tidak mungkin.

Karena Op. Silau Raja dan ke empat anaknya Op. Malau Raja, Op. Manik Raja, Op. Ambarita Raja, Op. Gurning Raja pertama sekali bermukim/golat di Sioma Salaon Dolok Kec Ronggur Nihuta.

Kesimpulan:

  1. Diluar dari surat terbuka/penjelasan diatas bukan Op. Silau Raja atau orang tua dari Op. Malau Raja, Op. Manik Raja, Op. Ambarita Raja dan Op. Gurning Raja.
  2. Diluar dari surat terbuka/penjelasan diatas bukan Op. Si Manik Raja

Catatan:

  1. Persaudaraan yang solid akan dapat terwujud melalui pemahaman yang sama terhadap sejarah pendahulunya.
  2. Perlu kerendahan hati dan hati yang tulus serta jujur mau menerima kebenaran kalau itu benar dengan mengesampingkan motivasi kepentingan tertentu untuk menyamakan pandangan sejarah demi persaudaraan yang solid sesama turunan Op. Silau Raja khususnya Op. Si Manik Raja.
  3. Tidak mungkin kebenaran mau meleburkan diri kepada yang tidak benar dan tidak mungkin Organisasi Manik Raja yang sudah ada sejak sejak tahun 1960an melebur dengan organisasi yang baru didirikan tgl 22 Maret 2014 (sesuai arsip di medsos) ditandatangani oleh 6 (enam) orang yang kurang kredibel.

 

Terimakasih …sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan yang sangat panjang ini

Salam Ketua Punguan Manik Raja Se Indonesia.

Brigjen TNI D. Thoni Damanik, S.IP.,M.Si (DT. Manik)

Berikan Komentar Anda
Total Views: 438 ,