Punguan Manik Raja Sergai Gelar Muscab: Drs. Jhon Lukman Manik, MM Terpilih Menjadi Ketua Punguan

SERGAI | Salah satu sel kecil suku bangsa adalah Marga Manik Raja dan merupakan penerus kearifan lokal dan budaya Ompu Manik Raja. Punguan Manik Raja Kabupaten Serdang Bedagai gelar Musyawarah Cabang (Muscab) yang dilaksanakan di Wisma GKPI Pangkalan Budiman Sei Rampah, Senin (15/5/2017).

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dibuka dengan doa yang dihadiri sekitar 100 orang dari perwakilan Kecamatan yang ada di Kabupaten Sergai sedangkan ini adalah Muscab pertama yang mengambil tema Menjalin Hasadaon Pomparan Manik Raja Dohot Boruna Se Kabupaten Serdang Bedagai.

Dalam sambutannya dan sekaligus membuka acara Muscab, Drs. Joni Walker Manik, MM menyampaikan bahwa kita pomparan Manik Raja merasa perlu dan bertanggungjawab untuk melestarikan serta menjaga peninggalan sejarah dan situs Ompu Manik Raja yang berada di Sioma Salaon Dolok Ronggur Nihuta.

“Hal ini sudah diputuskan disaat Mubes ke-1 Punguan Ompu Manik Raja Dohot Boruna Se Indonesia di Ambarita dibulan April yang lalu,” ucap Joni yang juga merupakan Wakil Ketua Pembangunan Tugu Ompu Manik Raja.

Perlu saya sampaikan ada beberapa keputusan penting yang telah ditetapkan pada Mubes, pertama, Pembangunan tugu Ompu Manik Raja dan pemeliharaan situs-situs peninggalan Ompu Silauraja dan Ompu Manik Raja di Sioma.

Kedua, Memilih dan memutuskan Drs. Alimukdin Damanik, M.Pd sebagai ketua pembangunan tugu dan saya sendiri Drs. Joni Walker Manik, MM sebagai wakilnya.

Ketiga, Memilih koordinator wilayah tiap Kabupaten, dimana Drs. Joni Walker Manik, MM sebagai koordinator wilayah untuk Kabupaten Serdang Bedagai, dan

Keempat, Pembentukan Punguan Manik Raja dohot Boruna di tingkat wilayah Kabupaten untuk membangun persaudaraan marga Manik Raja dan Borunya, tanpa membedakan agama, profesi, status dan pendidikan.

“Diakhir kata sambutannya, Joni Walker Manik menyampaikan besar harapannya dengan punguan ini, persaudaraan kita semakin solid dan kokoh, sehingga melahirkan generasi muda Manik Raja yang damai, hebat dan rukun, karena kerukunan akan membawa berkah bagi kita semua,” tandasnya.

Muscab ini untuk membentuk dan memilih kepengurusan ditingkat Kabupaten, dan memilih serta memutuskan Drs. Jhon Lukman Manik, MM sebagai Ketua Punguan Manik Raja Se Kabupaten Sergai dan Sahala Manik, S.Si sebagai Sekretaris dan mendukung semua hasil Mubes Punguan Manik Raja Dohot Boruna Se Indonesia pada 23-24 April 2017 di Hotel Rogate Beach Ambarita.

Drs. Jhon Lukman Manik, MM sebagai Ketua Punguan Manik Raja Se Kabupaten Sergai dan Sahala Manik, S.Si sebagai Sekretaris

Drs. Jhon Lukman Manik, MM sebagai Ketua Punguan Manik Raja Se Kabupaten Sergai dan Sahala Manik, S.Si sebagai Sekretaris

Turut hadir perwakilan pomparan Ompu Manik Raja dari berbagai kecamatan, diantaranya Pantai Cermin, Silinda, Tanjung Beringin, Sei Rampah, Sipispis, Bandar Kalipah, Teluk Mengkudu, Bintang Bayu, Perbaungan, Tebing Syahbandar, Kotarih, Dolok Merawan, Sei Bamban dan Tebing Tinggi, serta dihadiri Pengurus Pusat Punguan Manik Raja, Simon Manik dan Gidion Manik, SE dan dari Kepolisian AKP. Emda Iskandar Tarigan Kapolsek Sei Rampah mewakili Kapolres. (js)

Tonton Videonya:

 

Berikan Komentar Anda
Total Views: 247 ,